Thursday, May 18, 2006

SUPLEMEN VITAMIN

Perlukah Mengkomsumsinya?

Jawabannya IYA, jika Anda…..

Pemilih makanan, contohnya doyan perkedel tetapi tidak doyan sayur, doyan sayur tetapi tidak doyan buah. Kalau begini kandungan nutrisi tidak cukup Anda dapatkan.

Banyaknya kegiatan Anda seperti sepulang bekerja, Anda memasak, setelah itu membersihkan rumah atau ruangan tempat Anda tinggal sampai-sampai terkadang kala pekerjaan tambahan lainnya.

Pola hidup Anda tidak benar, misalnya sering bergadang karena susah tidur, tidak pernah sarapan karena waktu Anda sangat singkat, ataupun sering berada di daerah rawan polusi.

Daya tahan tubuh yang lemah sehingga mudah capai bahkan terserang penyakit.
Anda sering merokok, minum-minuman keras, bahkan menggunakan obat-obatan terlarang.

Pentingnya Suplemen Vitamin
Kebanyakkan pola makan masa kini sudah tidak mampu lagi memberikan nutrisi yang lengkap untuk tubuh Kita, maka itu Kita prlu mengkonsumsi multivitamin untuk memenuhinya, contohnya saat Anda terserang penyakit, tubuh Anda membutuhkan vitamin yang lebih banyak dari biasanya untuk melawan virus, padahal menu makanan sehari-hari saja jarang bisa memenuhi kebutuhan standard vitamin tersebut.

Vitamin sangat berperan penting dalam metabolisme (kecepatan pembakaran kalori dalam tubuh). Bila Anda tidak memperoleh vitamin yang cukup, maka Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal meskipun Anda sangat rajin olah raga.

Semua vitamin yang larut dalam air (kecuali vitamin C) tidak dikandung dalam jangka panjang dalam tubuh Anda kalau tidak dibutuhkan, Vitamin tersebut akan dikeluarkan lewat urine, padahal vitamin B kompleks ini yang membantu enzyme tertentu dalam tubuh untuk mentransfer lemak, karbohidrat, dan protein untuk menjadi energi.

Jenis-Jenis Vitamin
Larut dalam lemak, vitamin A, D, E, dan K kini disimpan dalam lemak tubuh dan hati sampai tubuh membutuhkannya. Ada yang bertahan Cuma 5 hari, tetapi ada pula yang sampai dengan 6 bulan, tergantung kegiatan dan konsumsi makanan setiap individu.

Larut dalam air meliputi vitamin C dan 6 macam vitamin B yang terbagi vitamin B thiamin (B1), Riboflavin (B2), Niasin (B3),Pantothenic Acid (B5), Pridoxine (B6), Asam Folat (B9), dan Cobalamin (B12, biasanya disebut vitamin B kompleks). Vitamin- vitamin ini jauh lebih sedikit jumlahnya dibandingkan dengan vitamin yang larut dalam lemak. Oleh karena itu harus dikonsumsi secara teratur setiap hari.
Fungsi Suplemen Vitamin
Vitamin A
Terdapat dalam hati, susu yang diperkaya dan wortel. Fungsinya untuk mempertajam penglihatan, pertumbuhan tulang serta berguna untuk menjaga daya tahan tubuh dan membangun imun tubuh. Menurut penemuan terbaru yang belum disempurnakan, krim vitamin A dapat mengurangi selulit.

Vitamin B
Terdapat dalam kentang, pisang, telur, dan banyak lagi karena terdiri dari 6 macam yang berbeda. Fungsinya menghasilkan energi dan berperan dalam kemampuan berpikir, baik pula untuk kesehatan mata, kulit, kuku, rambut Anda, dan mencegah anemia.

Vitamin C
Terdapat di buah-buahan seperti jambu, kiwi, strawberry, tomat,dll. Fungsinya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan luka, dan sebagai anti oksidan. Diantaranya semua jenis vitamin C yang paling top adalah mampu melindungi tubuh terhadap infeksi ringan seperti demam dan influenza, oleh sebab ituvitmin C diangap racun oleh virus dan bakteria. Selain itu vitamin C dapat meringankan penyakit atau mencegah penyakit, jadi kalau badan Anda terasa pegal-pegal, hidung bersin, pilek, timbul lingkaran hitam pada mata, segeralah mengkonsumsi vitamin C.

Vitamin D
Dapat diperoleh di kuning telur, susu, dan cahaya matahari. Berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dan pembentukan tulang dan gigi. Vitamin D juga mencegah tulang keropos.

Vitamin E
Terkandung dari minyak jagung, biji kapas, mentega, beras perang, minyak kedelai, dan minyak sayuran lainnya. Berfungsi sebagai antioksidan (memberikan perlindungan pada radikal bebas). Vitamin E ini jumlahnya paling sedikit disimpan dalam tubuh bila dibanding dengan vitamin lainnya, serta larut dalam lemak.

Vitamin K
Banyak terdapat di sayur-sayuran hijau.Fungsinya sangat diperlukan untuk pembekuan darah serta memegang peranan dalam pemebntukan tulang. Selain itu memelihara fungsi hati agar bekerja dengan baik dan meningkatkan daya tahan tubuh terutama pada kanak-kanak dan mencegah kanker.

PERLU DIINGAT
Mengkonsumsi vitamin memang penting tetapi perlulah diingat jika vitamin bukan pengganti makanan alami yang kaya akan vitamin, protein, dan mineral. Suplemen vitamin berfungsi untuk menambah yang sudah ada bukan sebagai bahan pokok.

Oleh karena itu jangan terlalu bergantung pada suplemen vitamin,tetaplah mengikuti pola makan yang lebih sehat dan bergizi, karena itu yang terpenting.”Selamat Hidup Sehat”.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home