Thursday, November 12, 2009

Sekelumit Kisah Tentang The Arc of Philadelphia dan Pendidikan Khusus bagi Anak

Bagi keluarga yang memiliki anak yang mengalami keterlambatan perkembangan dan intelektual (development/intellectual disability), mencari informasi dan bantuan yang sesuai untuk anak mereka di Philadelphia bukanlah suatu hal yang mudah. Apalagi jika mereka tak bisa berbahasa Inggris.

“Setiap hari kami berbicara dangan orang-orang yang tidak mengerti hak mereka dan kesulitan memahami sistem pendidikan khusus yang sesuai untuk anak mereka,” jelas Donna Bouclier, direktur The Arc of Philadelphia. The Arc of Philadelphia, yang didirikan pada tahun 1948 oleh sekelompok orang tua, adalah salah satu cabang Arc yang tertua di Amerika dan salah organisasi pertama yang memberi layanan bagi mereka yang mengalami kelemahan intelektual (intellectual disabilities). Para orang tua pendiri Arc ini bekerja keras memperjuangkan hak-hak anak-anak yang mengalami kekurangan tersebut. Mereka berjuang agar setiap anak bisa mendapatkan hak pendidikan yang sama, tanpa membedakan kemampuan intelektual mereka.

Menyadari banyaknya keluarga imigran yang memerlukan bantuan mereka namun tak bisa berbahasa Inggris, Bouclier lalu mempekerjakan beberapa konsuler dwibahasa, di antaranya konsuler yang bisa berbahasa Spanyol. Jika ada keluarga yang membutuhkan layanan bahasa tertentu, misalnya Bahasa Indonesi, a dan the Arc of Philadelphia tidak mempunya staf yang bisa berbahasa tersebut, mereka akan mengupayakan jasa penerjemah dari tempat lain.

Di Philadelphia, satu dari sepuluh anak sekolah, menerima suatu pendidikan khusus, yang disebut Individualized Education Plan (Rencana Pendidikan Individu). Program ini berlaku untuk anak yang mengalami masalah intelektual seperti autisme, dyslexia, cacat otak, ataupun anak-anak berbakat (gifted child). Namun sangat disayangkan, menurut Bouclier, masih banyak keluarga di Philadelphia yang belum mengetahui program-program ini sehingga anak mereka tidak bisa menikmat pendidikan “khusus."

Keluarga Indonesia yang membutuhkan informasi lebih lanjut tentang layanan The Arc of Philadelphia bisa menghubungi : The Arc of Philadelphia / PDDC
2350 West Westmoreland Street, Philadelphia, PA 19140, 215-229-4550 (bahasa Inggris) atau mengunjungi website : www.arcpddc.org. (Indah N)

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home