Friday, December 01, 2006

Wajah Tanpa Vlek, Dambaan Setiap Wanita

“Tolong bantuannya! Saya seorang ibu rumah tangga berumur 42 tahun, sudah lama merasa minder karena vlek di wajah. Saya sudah berusaha ke mana-mana, namun selalu menemui jalan buntu’’. Keluhan itu disampaikan seorang ibu dari Bandung, Jawa Barat, dalam sebuah rubrik konsultasi kesehatan pada jaringan cyber.

Sang ibu mengaku dirinya humoris, tetapi vlek tetap juga muncul di wajahnya, sehingga dia merasa terbelenggu. Dia pun mengaku putus asa. Pasalnya, sudah berbagai jenis kosmetik dicoba, tetapi belum juga membuat wajahnya menjadi cantik. Sebuah produk yang digunakan malah membuat kulit wajahnya makin rentan dengan sinar matahari.

Masalah vlek juga dialami Dian (40), seorang ibu yang bekerja di sebuah instansi pemerintah di Jakarta. Dia mengeluh karena di wajahnya muncul bercak-bercak hitam yang sangat mengganggu penampilannya.

Ibu empat orang anak itu mengaku kehilangan rasa percaya diri akibat vlek di wajahnya. Dia pun telah berupaya menghilangkan vlek dengan mendatangi klinik perawatan wajah, tetapi hasilnya nihil. “Saya sangat berharap vlek ini bisa dihilangkan. Soalnya, saya malu dengan wajah penuh vlek ini’’ tuturnya.

Pengalaman dan harapan wajah bisa bebas vlek yang mengganggu dari dua ibu itu, mungkin mewakili banyak wanita lainnya. Wanita mana pun, pasti mendambakan wajah yang halus dan manis, tanpa vlek. Lalu, kiatnya bagaimana?

Dokter Dyah Ellyaningsih SpKK dalam lokakarya tentang melasma di Jakarta, belum lama ini menjelaskan, vlek di wajah atau dalam bahasa medis disebut melasma terjadi akibat bertambahnya pigmentasi pada area kulit yang terkena sinar matahari. Gangguan wajah tersebut umumnya terjadi pada wanita dan hanya 10 persen yang terjadi pada laki-laki.

Beberapa produk dapat membantu memperbaiki vlek yang rusak secara total dengan ampuh seperti produk Obagi System dan kapsul telan Pynocare dari Thailand.Selain itu istirahat yang cukup dan menghindari stres dengan yoga dan meditasi.

Di samping itu, yang sangat penting yaitu menghindari sengatan matahari secara langsung. Tak kalah pentingnya adalah mengonsumsi nutrisi yang baik untuk kulit dan lakukan olahraga secara teratur.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home