Monday, September 18, 2006

Soda dan Kegemukan

Para peneliti Amerika melaporkan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi minuman ringan bergula beresiko terbesar mengalami kegemukan.

Penelitian ini diterbitkan oleh The British Medical Journal The Lancet merupakan penelitian terbaru yang mengingatkan para remaja Amerika untuk segera mengurangi minuman bersoda dan junk food yang beresiko mengganggu kesehatan.

“Kita menemukan selalu ada minuman ringan disetiap hidangan tambahan, dan resiko kegemukan meningkat kira-kira 50%,” tegas peneliti David Ludwig dari Rumah sakit anak-anak di Boston pada Reuters.

Kegemukan akan mengakibatkan penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Pemerintah Amerika Serikat sangat memperhatikan anak-anak yang overweight dengan mengeluarkan grafik pertumbuhan yang membantu orang tua dan dokter mengidentifikasi anak-anak beresiko kegemukan.

Para peneliti Boston meneliti 548 anak-anak yang rata-rata berumur 11 di empat daerah Massachusset. Mereka mengawasi anak-anak yang mengkonsumsi minuman bergula seperti soda, tehmanis dan minuman buah-buahan, dan tercatat ada perubahan pada Body Mass Index (BMI) sebagai ukuran badan gemuk.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home