Friday, September 08, 2006

Intel Memecat 10% dari Tenaga Kerjanya

SAN JOSE, Calif. - Pembuat Chip Intel Corporation. Mengumumkan hari Selasa bahwa mereka akan memecat sekitar 10,500 pekerja, sekitar 10% dari jumlah pekerja yang dimilikinya saat ini, melalui pemecatan langsung, pemindahan, penjualan unit bisnis grup yang gagal memenuhi sasaran sebagai usaha restrukturisasi besar-besaran perusahaan mereka.

Perusahaan yang berbasis di Santa Clara ini mengatakan tahun ini, pemecatan akan banyak yang berasal dari departement manajemen, marketing dan teknologi informasi dan akan berkembang ke tahun 2007 termasuk manufaktur, desain dan segmen lainnya.

Pemecatan ini akan menyelamatkan uang perusahaan sebesar $3 milyar dolar per tahun sampai tahun 2008. Ongkos dan biaya lainnya diperkirakan $200 juta dollar.

Intel sedang berusaha melawan keuntungan yang semakin menipis dan juga berusaha meraih pangsa pasar yang hilang karena persaingannya dengan Advanced Micro Devices (AMD) yang memproduksi chip serupa dengan harga dan kualitas lebih kompetitif.

“Pilihan pemecatan ini cukup sulit bagi Intel, tapi harus dilakukan supaya Intel bisa dapat menjadi lebih efisien untuk tahun tahun kedepan,” Kata CEO PAul Otellini dalam satu pernyataan resmi.

Hampir 5,000 dari posisi dalam perusahaan akan dihapuskan tahun ini.

Perusahaan Intel merencanakan untuk mengurangi 2,500 pekerja lagi akhir tahun ini.

Sebelum pengumuman ini, saham Intel naik 11 sen menjadi $19.99. Setelah beberapa jam, saham Intel jatuh 26 sen menjadi $19.73.

Banyak analis dan investors sedang berharap adanya strategi untuk mengatasi masalah efisiensi dalam unit bisnis kata Nathan Brookwood.
with research firm Insight 64.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home