Tuesday, August 22, 2006

PENGARUH “RENCANA LONDON” DALAM RUU IMIGRASI AS

WASHINGTON -- Teror London pekan lalu memberikan dampak terhadap konggres AS yang sedang menyusun dan berdebat tentang sistem imigrasi. Partai Republik berencana untuk meningkatkan kekuatan keamanan perbatasan sebelum mempersilakan peningkatan dalam jumlah imigran legal di AS.

Banyak anggota partai republik yang duduk di dalam House memprioritaskan tentang pendekatan keamanan yang ketat terlebih dahulu dan tidak begitu tertarik terhadap proposal senat yang mendukung program guest worker (pekerja sementarA) yang membuat kesempatan imigran gelap yang telah berada di AS menjadi warganegara AS. Pendukung dari RUU rancangan Senat berkata bahwa guest worker adalah penting dan harus dimasukkan dalam UU imigrasi yang baru. Perkembangan terakhir yang mengharapkan terjadinya kompromi antara Senat dan House, masih tertahan beberapa bulan terakhir, meskipun perancang dan tokoh kunci berkata mereka akan segera kembali ke Washington dan menyelesaikan UU imigrasi bulan depan.

Tapi kesepakatan antara mereka akan suli tercapai musim gugur ini, dengan adanya pemungutan suara pemilihan umum musim gugur ini. Para anggota partai Republik mengatakan rencana aksi teroris yang terbongkor di London meningkatkan posisi mereka dalam imigras. “Ini membuat posisiHouse menjadi lebih kuat terutama untuk menutup perbatasan dan memegang kendali atas imigran gelap.” kata Curt Weldon (R., Pa.,), wakil ketua dari komite keamanan nasional.

Hanya setelah keamanan perbatasan ditegakkan, baru program untuk imigran gelap seperti guest worker bisa diterapkan, katanya.

Rencana teroris yang gagal ini mengingatkan bahwa keamanan sebenarnya berawal dari di depan pintu rumah kita, di perbatasan dan tempat masuknya orang-orang ke negara ini.” kata anggota partai Republik dari Arizona, J.D. Hayworth, yang mengatakan pendekatan senat salah kaprah.

Pendukung dari RUU Senat mengatakan rencana teroris di jalur penerbangan Inggris membuat peraturan tentang imigrasi menjadi sangat penting karena ini karenanya perlunya meningkatkan keamanan perbatasan dan membuat imigran gelap keluar dari persembunyian mereka. “Rencana London meningkatkan kesadaran bahwa perlunya kita melakukan sesuatu, kata Howard Berman (D, Calif). yang bekerja dalam perencanaan UU imigrasi. “Tidak anggota di partai Demokrat dan Republik yang menganggap keadaan imigrasi sekarang merupakan kelemahan bagi keamanan nasional.” Tapi lusinan pengadilan dan jajak pendapat digelar musim panas ini untuk mengkritik RUU rancangan Senat yang mengakibatkan tertundanya keputusan tentang RUU Imigrasi. Berman mengungkatkap itu hanya taktik untuk menunda saja.

Bagaimana isu imigrasi berdampak pada pemilihan umum November nanti belum begitu terlihat. Tapi banyak dari anggota Partai Republik mengatakan bahwa posisi mereka akan tegas dalam bidang imigrasi yaitu untuk menjaga dan memperketat perbatasan dan melakukan pendekatan yang lebih keras terhadap imigran gelap.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home