Thursday, March 30, 2006

Rancangan Aturan Imigrasi Baru Lolos ke Senat

MEMBUKA HARAPAN UNTUK IMIGRAN GELAP

WASHINGTON - Komite Yudisial akhirnya menyetujui rancangan aturan imigrasi baru hari Senin kemarin yang bisa membuat program pekerja sementara (Guest Worker) dan membuka jalan untuk para imigran gelap ke arah kewarganegaraan Amerika Serikat.

Komite yang dikuasai partai Republik ini menghasilkan voting 12-6 untuk kemenangan rancangan aturan baru ini. Aturan baru ini memiliki elemen kunci dan memiliki persamaan dengan rancangan yang dibuat oleh Senator John McCain (R, Arizona), Senator Edward Kennedy (D, Mass.) yang juga merupakan anggota komite.

“Memperhatikan banyaknya rintangan dan hambatan, hasil ini cukup baik,” kata Senator Arlen Specter (R, Pa.) ketua komite yudisial, yang bergabung dengan tiga orang anggota partai Republik dan delapan Demokrat dalam mendukung rancangan aturan baru yang “Pro Imigran” ini.

Senat telah merancang agenda debat imigrasi hari Selasa tapi tertunda sampai akhir minggu ini. Meskipun demikian, Specter mendesak anggota komite untuk menyelesaikan rancangan aturan imigrasi baru ini untuk mengejar deadline yang ditetapkan pimpinan senat, Bill Frist.

Specter optimis bahwa dukungan kedua kubu politik cukup tinggi untuk bisa meloloskan rancangan undang-undang ini di Senat bulan ini.

Rancangan Aturan ini sangat bertolak-belakang dengan Aturan yang disetujui DPR AS akhir tahun 2005 lalu. Aturan yang dirancang DPR itu lebih menekankan dalam penegakan hukum yang lebih ketat, pembangunan tembok-tembok sepanjang perbatasaan AS - Mexico, membuat imigran gelap menjadi berstatus kriminal, juga meningkatkan Petugas Imigrasi (FBI) untuk menangkap dan memulangkan para imigran.

Rancangan yang diloloskan Senin kemarin memberi peluang imigran gelap yang berada di Amerika Serikat sebelum 7 Januari 2004, untuk mendapatkan visa kerja selama enam tahun dan dapat mengajukan permohonan untuk mendapat green card dengan membayar denda, pajak dan juga menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris baca maupun tulisan dan pengetahuan kependudukan lainnya.

Menurut Specter, mereka harus menunggu antrian karena kini lebih dari tiga juta imigran sedang proses green card mereka.

Dalam ‘Guest Worker Program,” hampir 400.000 pekerja luar negeri bisa masuk ke Amerika selama enam tahun bekerja di pekerjaan yang tidak popular di kalangan warga Amerika Serikat. Mereka juga dapat mengajukan green card dan warganegara AS.

Senator Dianne Feinstein (D, Calif.) mengatakan program ini akan membantu pengusaha pertanian untuk mendapatkan pekerja yang murah.

Anggota lainnya, menolak pendekatan keras seperti mengkriminalisasikan imigran gelap. Dia menyetujui amandemen (perubahan undang-undang) atas aturan sebelumnya yang keras terhadap imigran gelap.

Panel Komite Yudisial juga memvoting tentang peningkatkan jumlah agen patroli perbatasan yang ditingkatkan dua kali lipa dengan total sejumlah 20.000 personel.

Beberapa ribu imigran dan aktifis berkumpul kemarin di Gedung Capitol, Washington untuk meminta perlindungan hukum dan membatalkan rancangan aturan DPR yang mengancam imigran gelap.

Demonstrator tersebut kemudian menyanyikan lagu “We shall Overcome” (Kami akan melewati tantangan) lagu kebangsaan dalam protes hak-hak sipil. Mereka membawa tanda-tanda seperti “We are America” (Kami adalah warga Amerika). dan “We are all imigrants.” (Kami semua adalah imigran). Banyak dari imigran tidak bisa berbicara dalam bahasa Inggris.

Presiden Bush, mengatakan bahwa isu imigrasi adalah salah satu yang sangat penting dalam masa jabatannya. Dia mendesak konggres untuk meloloskan 3 aturan penting, yaitu menjaga perbatasan negara, penegakan hukum imigrasi yang tegas dilingkungan pekerjaan dan memberikan program pekerja sementara.

“Menyelesaikan rancangan undang-undang ini tidak mudah,” kata Bush hari Senin lalu dalam pidatonya setelah mensahkan warganegara baru Amerika di Washington. “Diperlukan semua dari kita di Washington untuk membuat pilihan sulit dan kompromi.”


Legislasi oleh Komite Yudisial
Komite Yudisial Senat meloloskan sebuah rancangan aturan imigrasi yang akan :

1. Mengizinkan imigran gelap yang
telah berada di Amerika Serikat sebelum
tahun 2004 untuk bekerja secara legal
selama 6 tahun. Jika imigran tersebut
membayar denda $1,000, pajak dan belajar
bahasa Inggris

2. Melipat-gandakan jumlah agen patroli
perbatasaan menjadi 20.000 personel

3. Mengizinkan 400 ribu kartu hijau untuk
dibagikan setiap tahun

4. Menjaga kelompok kemanusiaan dari
tuntutan hukum karena membantu imigran
gelap.

5. Membuat program pekerja sementara yang
untuk 1.5 juta pekerja pertanian yang juga
akan mendapatkan kartu hijau.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home