Thursday, February 16, 2006

Strategi Baru : Adopsi Anak

SAN FRANCISCO- Semakin banyak orang tua membayar sejumlah uang kepada pensiunan Amerika untuk mengadopsi anak-anak mereka (dibawah 16 tahun). Orang tua yang berasal dari negara Korea mengatakan bahwa belajar bahasa Inggris penting bagi anak mereka, beberapa diantaranya menginginkan anak mereka menghindari wajib militer dan mendapatkan gengsi bahwa anaknya mengenyam pendidikan di Amerika.

Satu dari Tiga orang tua di negara Korea ingin anak mereka ke Amerika untuk mendapatkan pendidikan lebih baik. Di masa lalu, orang tua biasanya meminta relasinya untuk menjaga anak mereka, tapi semakin banyak orang tua sekarang mencari keluarga bule.

Kecewa dengan pendidikan di negaranya, banyak orang tua dari Korea yang menginginkan anaknya ke Amerika Serikat. Mereka berpendapat bahwa pendidikan di Amerika lebih baik.

Kata seorang ibu, anak mereka selalu pulang kecapean setelah pulang dari sekolah di Korea karena mereka seringkali harus pulang telat karena adanya pelajaran tambahan atau kegiatan extra kurikuler yang berlebihan.

Lantas apa yang ingin dilakukan oleh orang tua Korea tersebut adalah mencari seseorang yang bisa mengadopsi anak mereka di Amerika Serikat. Ia akan membayar biaya-biaya untuk anaknya di masa depan.

Dengan menempatkan anak mereka untuk diadopsi di Amerika Serikat memberikan peluang kepada orang tua Korea untuk melewati prosedur imigrasi yang ketat dan sulit dilewati (terutama untuk apply visa).

Para Orang Tua murid pada umumnya mencari pasangan warganegara Amerika yang telah pensiun. Mereka biasanya memiliki kamar kosong yang ditinggalkan anak-anak mereka.

Pasangan Amerika itu biasanya menerima sejumlah uang untuk kompensasi biaya adopsi dan menyediakan makanan dan penginapan anak kurang lebih 30.000 dolar AS. Sebagai gantinya, anak-anak mereka mendapatkan status legal di AS, juga ijin untuk memasuki institusi pendidikan di Amerika.

Meskipun terlihat banyak keuntungan yang di dapat, tapi beberapa anak-anak yang dikirim ke AS memberikan tanda-tanda stres karena harus beradaptasi dengan suasana baru.

Jeanie, salah satu anak yang diadopsi pasangan warganegara Amerika ingin kembali ke negaranya tetapi tidak boleh meninggalkan AS karena masih mengurus warganegara AS.

Meskipun popular, juga diperlukan kewaspadaan untuk memilih agen dan pasangan suami istri berkewarganegaraan AS karena banyaknya penipuan.

Jalur pendidikan adalah adopsi memang merupakan jalur alternatif yang cukup popular dipilih oleh orang-orang yang ingin berimigrasi ke AS secara legal karena sulitnya mendapatkan greencard.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home