Thursday, February 09, 2006

Satu Hari Tanpa Imigran di Philadelphia

PHILADELPHIA - Imigran baik legal maupun illegal, merencanakan akan berdemo tanggal 14 Februari mendatang dengan tujuan untuk memprotes rancangan peraturan yang akan dibahas di konggres senat bulan ini.

“Satu hari tanpa Imigran” (One Day Without Immigrant), akan diadakan tanggal 14 Februari mendatang, Para imigran akan berkumpul tengah hari di antara 5 street dan Market Street.

Demo ini akan menunjukkan kepada pemerintah apa yang terjadi apabila para imigran mogok kerja. Banyak imigran yang bekerja di restoran-restoran di dalam kota dan pabrik-pabrik di sekitar kota Philadelphia.

Salah satu penyebab lain mengapa aksi ini diluncurkan karena adanya isu adanya sweeping di kota Philadelphia minggu lalu, telah membuat banyak imigran gelap yang bekerja di dalam atau sekitar kota Philadelphia ketakutan.

Oleh sebab itu, banyak pemilik restoran dan toko kalang kabut karena banyaknya pekerja yang tidak masuk kerja.

Diperkirakan ribuan orang akan ikut berpartisipasi dalam aksi demo ini. Baik imigran yang mempunyai surat maupun tidak. Mereka akan berjuang untuk mendapatkan hak untuk bekerja dan tinggal disini meskipun penghasilan mereka sebagian besar pas-pasan untuk biaya hidup dan biaya hidup keluarga mereka di negara asal mereka.

Ricardo Diaz, seorang mantan profesor di Universitas Pennsylvania (top 5 di AS), membantu mengorganisir aksi demo ini.

Pekerja-pekerja imigran juga diberikan surat dalam bahasa Inggris untuk diberikan kepada bos mereka menerangkan tentang aksi demo ini dan juga meminta dukungan mereka.

Beberapa Komentar
Dalla Zamar : Waiter, Rittenhouse Square: “Aturan ini menghancurkan bisnis restoran, dan nasib teman2 sekerja saya sangat memprihatinkan, mereka sangat takut ditangkap dan dideportasi.

Flora Navaroo : Busboy, Center City:
“Saya dengar ada sweeping tapi saya harus tetap bekerja, Saya tak ada pilihan. Adik saya perlu biaya untuk sekolah dan saya ingin dia tetap sekolah.
*sumber: Surat Kabar Metro

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home