Thursday, February 09, 2006

Pergolakan Pro-Imigran kota-kota di California

Baru beberapa hari sejak kota Maywood di California mendeklarasi diri sebagai “Kota pelindung imigran,” aktifis pro imigran mendesak kota Los Angeles melakukan hal yang sama.

Aktifis tersebut menentang aturan HR 4437, tentang peraturan-peraturan keras kepada imigran gelap juga pesan Presiden Bush dalam pidato tahunannya yang dinilai ‘negatif.’ Maka dari itu mereka mendorong kota-kota besar untuk menjadi pelindung imigran, terutama kota-kota yang memiliki penduduk imigran dalam jumlah yang besar.

Menurut aktifis, pernyataan Presiden Bush yang menyatakan bahwa beliau tidak mendukung amnesti membuat mereka berjuang lebih keras supaya suara mereka bisa tersalurkan.
Jum’at minggu lalu, ribuan tanda tangan terkumpul di dewan kota Los Angeles untuk meminta anggota dewan untuk mendeklarasikan kota Los Angeles sebagai kota Pelindung untuk imigran.”

Ini berarti bahwa bila aturan keras terhadap imigran itu akhirnya berlaku, maka kepolisian tidak akan bertindak sebagai agen imigrasi. dan juga mencegah terjadinya sweeping atau penggerebekan imigran gelap.

Walikota Los Angeles yang berdarah Amerika Latin, dalam responsnya terhadap pidato George Bush, mengaakan bahwa “Kami partai demokrat ingin mereformasi hukum imigrasi, sebuah reformasi yang menghormati tetangga kami, yang membantu Amerika Serikat lebih aman dan kuat, dan sebuah negara yang memberikan kesempatan kepada pekerja-pekerja keras, dan yang mematuhi hukum, untuk mencapai impian mereka.”

Dewan kota Maywood, LA, telah menyetujui resolusi menolak hukum imigrasi baru tersebut. Tetapi kota lain di negara bagian yang sama, Costa Mesa, malah telah menjalankan hukum tersebut, memberikan ijin untuk kepolisian untuk bertindak sebagai agen immigrasi. (pns)

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home