Friday, February 03, 2006

Isu Sweeping Merebak

PHILADELPHIA - Seiring dengan heboh rancangan hukum imigrasi yang akan disusun Senat AS bulan Februari ini, di antara komunitas Indonesia beredar isu-isu sweeping (pemeriksaan atau razia) imigran gelap.

Isu pertama terjadi pada hari Selasa, dimana dikabarkan ada pemeriksaan di restoran Jepang yang menahan seorang Amerika latin dan juga WNI. Dilanjutkan dengan adanya isu sweeping di restoran sekitarnya dan merambat juga ke Reading Terminal Market dan Pasar Itali, tempat dimana banyak imigran gelap bekerja.

Di Reading Terminal Market, setelah adanya isu razia, banyak pekerja yang tidak memiliki surat meninggalkan tempat kerjanya. Sampai sore hari tidak terjadi adanya razia, yang ada hanya pemeriksaan beberapa oknum pekerja yang kemungkinan terlibat aksi kriminalitas biasa.

Akibat dari Isu-isu tersebut banyak diantara warga Indonesia di Philadelphia yang meliburkan diri di hari berikutnya terutama yang bekerja di dalam kota.

Warga Indonesia yang bekerja di pabrik-pabrik sampai memiliki ide untuk ‘Live-in” (tinggal di dalam atau di dekat pabrik) saja karena takut ditahan waktu di mobil/van.

Hari Selasa malamnya, juga terjadi isu adanya penggebrekan di sebuah toko Indonesia di Philadelphia tapi ternyata setelah diselidiki oleh Tim Dunia Kita, Hal tersebut tidak pernah terjadi.

Menurut penuturan sumber yang dapat dipercaya, isu tersebut terjadi karena adanya warga Indonesia yang melihat banyaknya polisi yang berkerumun disekitar jalan Morris dan Mole.

Keperluan Polisi-polisi tersebut rupanya adalah menyelidiki tentang kriminal obat-obatan terlarang dan juga inspeksi kendaraan bermotor. Hal tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan razia imigrasi.

Karena banyak beredar isu, maka diharapkan Warga Indonesia tidak begitu saja percaya tetapi juga melakukan kros cek sehingga tidak terjadi kesalahpahaman diantara kita.
(dirangkum dari beberapa narasumber)

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home