Friday, February 03, 2006

Tren: Tinggal di Dalam Kota, Bekerja di Luar Kota

PHILADELPHIA - Sebelum matahari menunjukkan batang hidungnya, berganti bus tiga kali, menghabiskan waktu 90 menit untuk mencapai tempat kerja - Penduduk Philadelphia melakukan hal itu semua demi pekerjaan di luar kota.

Mencari pekerjaan di dalam kota, makin lama dirasakan makin sulit terutama pekerjaan yang lebih dari $6 per jam. Banyak orang mulai mencari pekerjaan diluar kota,
“Sudah cukup lama saya berhenti mencari pekerjaan di dalam kota,” kata Jessica Herndon, 25 tahun. Minimnya pekerjaan yang berupah tinggi memaksa dia, teman dan saudaranya untuk keluar dari kota Philadelphia untuk mencari pekerjaan.

“Kecuali kamu mau kerja diupah gaji minimum di restoran fast food, kamu harus mencari pekerjaan di luar kota.” kata Herndon.

5 hari seminggu, ia bangun sebelum matahari terbit, berjalan kaki ke stasiun Fern Rock dimana dia naik kereta api SEPTA R5 dan berkendara selama 90 menit untuk mencapai tempat kerjanya, sebuah pabrik penyortir surat di Vertis, New Britain.

Menurutnya waktu perjalanan yang jauh itu tidak masalah mengingat gaji yang diperolehnya cukup tinggi yaitu 8.5 dolar per jam dan akan mendapatkan kenaikan gaji tiap enam bulan.

Kini, realitas yang ada menunjukkan bahwa arus transportasi ke luar kota lebih ramai karena beberapa faktor :
1. Bisnis di luar kota lebih memerlukan
pekerja berupah rendah.
2. Penduduk Philadelphia, banyak yang
tidak memiliki kendaraan pribadi,
memerlukan pekerjaan.

Oleh sebab itu pemerintah dan perusahaan transportasi sedang mencoba mengembangkan rencana untuk mengatur transportasi yang tadinya dirancang lebih untuk arus
sebaliknya, dari luar kota ke dalam kota. (mp)

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home