Sunday, April 09, 2006

REVISI PROPOSAL BARU DILUNCURKAN

WASHINGTON - Legislasi yang menawarkan status legal dan harapan ke arah warganegara akan diuji akhir minggu ini di Senat.
Demokrat membutuhkan 60 suara untuk meneruskan aturan pro-imigran yang`disetujui di tingkat komite yudisial. Sa-
yangnya hal tersebut kemungkinan besar tidak terjadi karena para anggota dari partai Republik lebih cenderung memihak kepada proposal aturan baru yang baru saja dibuat hari Rabu kemarin.

Untuk pembuat peraturan, suara dalam isu ini akan memberitahu jutaan warga Amerika , “Disisi mana kamu berada.” kata Senator asal Demokrat, Dick Durbin dari Illionois.
Proposal aturan baru ini agak berbeda di dalam perinsiannya, tapi kedua aturannya bertujuan untuk meningkatkan keamanan perbatasan dan juga menawarkan statu legal kepada banyak imigran gelap yang diperkirakan mencapai 12 juta orang.

Tiga ratus mil dari Gedung Capitol, Washington, Kardinal Roger Mahony meminta jemaat Katolik untuk berdoa bersama supaya Senat mengeluarkan hukum imigrasi baru yang mengizinkan imigran gelap untuk mendapatkan status kewarganegaraan

Amerika Serikat. Kardinal yang berbasis di Los Angeles ini mengatakan debat tentang imigrasi ini adalah salah satu yang paling penting dalam sejarah negara ini.

Dalam sebuah konferensi pers di hari Rabu ini, pemimpin agama bergabung dengan senator Edward Kennedy (Demokrat, Mass.) untuk mendukung hukum imigrasi yang dapat membuat imigran gelap “jalan untuk meningkatkan martabat dan kehormatan para imigran.”
Bersambung di 14

Malam Rabu minggu ini, Anggota dari partai Republik meluncurkan proposal baru yang membagi imigran gelap dalam tiga kategori:

• Bagi yang telah berada di negara ini lebih dari lima tahun, tidak diperlukan untuk kembali ke negara asal sebelum memperoleh status legal. Mereka akan diberikan beberapa tes, termasuk membayar denda dan pajak, dan juga akan di periksa latar belakangnya.

• Imigran gelap yang berada di Amerika Serikat kurang dari lima tahun tapi lebih dari dua tahun akan diharuskan untuk kembali ke daerah perbatasan, keluar dari Amerika Serikat dan akan di proses masuk dan diijinkan masuk ke Amerika Serikat kembali.

• Imigran gelap yang berada di Amerika Serikat yang kurang dari dua tahun akan diwajibkan untuk meninggalkan negara ini dan bergabung dengan warganegara asing lainnya dalam mengajukan status legal untuk masuk kembali ke Amerika Serikat di negara asal mereka.

Para senator berkata mereka sedang berjuang dalam isu imigrasi ini yang mereka percayai akan membawa dampak yang besar dalam ekonomi, keamanan nasional dan pemilihan umum akhir tahun ini.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home