Saturday, March 18, 2006

100,000 Imigran Berdemo Untuk Hak Imigrasi Mereka

CHICAGO - Dengan mengibarkan bendera Amerika di udara, seratus ribu imigran dari Chicago dan sekitarnya berdemo di tengah kota sebagai dukungan kepada hak-hak imigran. Banyak yang mengumandangkan yel-yel secara antusias seperti “ Si, se puede (Ya, itu bisa dilakukan)” dan “La raza unida nunca sera vencida (Orang-orang yang bersatu tidak bisa dikalahkan).”

Sebagian besar dari pendemo adalah berasal dari Amerika Latin hari Jum’at minggu kemarin. Mereka turun di plaza dekat pengadilan federal dimana mereka mendengarkan pidato-pidato yang mendukung legislasi / peraturan yang mendukung imigran.

“Naikkan bendera Amerika Serikat!” teriak Luis Gutierrez, seorang Demokrat. “Inilah negara kami dan kami disini untuk menetap.”

Kepolisian memperkirakan terdapat lebih dari 100,000 pendemo datang dari Chicago dan sekitarnya, banyak yang membawa atau memakai bendera Mexico dan Amerika. Aksi ini sangat bersemangat dan tidak ada laporan adanya penangkapan atau insiden.

Gubernur Rod Blagojevich berpidato di depan kerumuman orang dalam bahasa Spanyol, memberitahu mereka kalau dia juga adalah anak dari imigran dan dia mengerti masalah mereka.

Kata-kata Gubernur tersebut bahwa “ustedes no son criminales. Ustedes son trabajadores” (“Kamu bukan kriminal, kamu adalah pekerja”) diikuti dengan sorak sorai massa.

Demonstrasi ini berawal dari siang hari di sebuah taman beberapa mil barat pusat kota. Beberapa jam kemudian, pendemo turun ke jalan, membuat macet jalan sekitar. Menjelang malam hari, kemacetan mereda.

Abel Nunez, direktur dari agen sosial mengatakan bahwa tujuan utama demo tersebut adalah menunjukkan kepada masyarakat bahwa imigran yang berada disini juga berkontribusi kepada negara ini.”

Sementara itu, organisasi Minuteman border control, diwakili Rossanna Pulido mengatakan bahwa dia tidak ingin Chicago menjadi kota untuk berlindung untuk para imigran gelap seperti kota Los Angeles.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home