Friday, March 10, 2006

Peraturan Imigrasi akan Memecah Belah Partai Republik

Oleh Jonathan Weisman
Washington Post Staff Writer

Pihak Senat Amerika hari ini, tanggal 7 Maret 2006 mulai bekerja untuk mengesahkan badan hukum tentang masalah keimigrasian di USA.

Pertanyaan masalah imigrasi adalah salah satu faktor dalam permulaan pre-kualifikasi pemilihan umum tahun ini telah memecah belah partai republik sepertinya tidak ada isu lainnya di kongres Amerika.

Banyak pendukung partai Republik mengatakan bahwa pengetatan dalam masalah perbatasan adalah sangat penting untuk mendukung popularitas mereka dalam pemilihan umum tahun ini. Mereka juga mengatakan bahwa bukan merupakan satu ukuran untuk mencampur adukkan masalah pengetatan perbatasan dengan melegalisasi para imigran untuk bekerja di Amerika.

Di salah satu pihak yang menentang tentang pemulangan seluruh pekerja gelap di Amerika adalah senator dari partai demokrat (Senator Edward M Kennedy) mengatakan bahwa kemenangan para pekerja imigran sudah diambang pintu.

Pada tanggal 27 Maret 2006, pimpinan senat mayoritas, Bill Frist (Partai Republik) mengatakan bahwa memerlukan tiga minggu untuk merancang rancangan undang-undang.

Mulai hari ini komite senat Arlen Specter akan mencoba merancang undang-undang pengetatan masalah perbatasan yang disahkan dalam rapat senat di bukan Desember lalu tanpa menyinggung masalah pekerja gelap di Amerika.

Senator Arlen Specter juga mengajukan akan memberikan kategori visa baru yang bernama H-2C yang akan diberikan untuk pekerja hotel, restoran, cleaning service, pabrik daging, dan pekerjaan lainnya yang dari penduduk Amerika sendiri tidak mau melakukan pekerjaan tersebut.

Visa ini berlaku untuk enam tahun. Mereka harus pulang setidaknya setahun setelah masa visa tersebut habis. Para pemegang status ini tidak akan bisa untuk mengajukan kartu hijau atau menjadi warga negara Amerika.

Specter juga mengatakan kalau dia akan menemui senator lainnya yang menganjurkan untuk memulangkan imigran gelap secepatnya dari Amerika. Dia juga tidak menghargai mereka yang masuk ke Amerika secara ilegal.

Dia mengatakan kalau pihak Amerika berusaha untuk membawa sebelas juta imigran gelap dari kegelapan, kalau kita sekarang mengusir mereka semua, siapa yang akan dibawa dari kegelapan? Disamping itu juga pihak Amerika sendiri tidak mau para imigran gelap melakukan pelanggaran terhadap hukum imigrasi, jadi biarkan mereka bekerja tapi jangan berikan status mereka menjadi warga negara Amerika Serikat.

Senator Specter mengatakan bahwa pemberian amnesti kepada sebelas juta imigran gelap dan keluarga mereka akan memberikan status baru sebagai permanen underclass yang memperbolehkan tinggal di Amerika selama jangka waktu tertentu tanpa ada hal untuk menjadi warga negara Amerika.

Salah satu senator yang menentang masalah ini, bernama Tancredo mengatakan bahwa ini merupakan momok atau bencana besar untuk pihak Amerika. Alasannya karena akan memberatkan negara karena akan mempengaruhi masalah ekonomi, dan keamanan negara, Dia juga mengatakan kalau dengan melegalisasi para pekerja ilegal akan merusak aturan system keimigrasian yang sudah ada.

Isu ini harus segera diselesaikan karena akan mempengaruhi masalah politik dalam negeri dan proses awal pemilihan umum yang akan berlangsung dalam jangka waktu dekat, kegagalan dalam penyelesaian ini akan berdampak buruk terhadap partai politik yang berkuasa saat ini dan pihak republik tidak mau jadi kambing hitam dari kegagalan masalah ini.

Dalam masalah ini saya sebagai pihak yang telah memiliki status di Amerika mempunyai pendapat andaikata para pekerja imigran gelap diberikan status legal untuk bekerja, apa yang akan kita berikan kepada pihak Amerika yang memberikan lapangan pekerjaan kepada kita. Tentunya secara logika kalau ada seorang majikan memberikan pekerjaan kepada seorang pekerja tentunya pihak majikan akan menuntut loyalitas, passionate dan mematuhi segala aturan yang ditetapkan di dalam pekerjaan itu. Tentunya apa kita siap kalau pemerintah meminta kita untuk membayar pajak, berpartisipasi dalam program pemerintah seperti asuransi kesehatan dan sebagainya.

(Diterjemahkan oleh Ramayana Store)

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home