Friday, May 18, 2007

AS tetap gelar antirudal di Eropa
WASHINGTON -Amerika Serikat tidak akan membiarkan Rusia menghentikan penggelaran sistem penangkal rudal di Eropa, kata Menlu AS Condoleezza Rice.
“Saya rasa siapa pun tidak mengharapkan Amerika membiarkan veto terhadap kepentingan keamanan Amerika,” kata Rice usai bertemu Presiden Vladimir Putin di Moskow.
Rice mengelurkan pernyataan itu setelah dia dan Presiden Putin sepakat melunakkan retorika dalam perselisihan mereka.

Menteri luar negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan, kedua belah pihak memutuskan untuk berkonsentrasi pada isu-isu kongkrit.

Rice mengadakan pembicaraan dengan Putin, Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Igor Ivanov, Menlu Sergei Lavrov, mantan Perdana Menteri Yevgeny Primakov, dan sejumlah pemuka lain Rusia.

“[Mr Putin] mendukung pengertian pihak Amerika bahwa retorika dalam pernyataan publik seyogyanya dihaluskan dan kami akan berkonsentrasi pada masalah-masalah kongkrit,” kata media lokal mengutip Lavrov usai pertemuan.

Pembicaraan tinggi di Moskow ini merupakan yang pertama sejak Putin menuduh Amerika sedang mengembangkan dominasi globalnya pada bulan Februari.
Kedua negara berselisih soal beberapa masalah, termasuk rencana Amerika menggelar perisai penangkap rudal di Eropa.

Rusia memandang proposal itu tidak perlu, atau bahkan ancaman bagi keamanannya, dan Amerika berupaya untuk membujuk Rusia, kata Wartawan BBC James Rodgers di Moskow.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home