Friday, December 15, 2006

Aneka Berita Tanah Air

Pilkada Aceh
Irwandi Unggul Jauh di Pilkada Aceh

BANDA ACEH--MIOL: Hasil penghitungan cepat (quick count) Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebutkan calon Gubernur Aceh terpilih adalah mantan senior representative Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Irwandi Yusuf.

Irwandi yang maju dari jalur independen berpasangan dengan aktivis Sentral Informasi Referendum Aceh (SIRA) M Nazar, mendapatkan 39,27% suara.

Untuk memenangkan putaran pertama, kandidat cukup mengantongi 25% plus satu suara.
"Ini kemenangan telak. Yang penting sudah terpilih pemimpin rakyat Aceh yang baru. Merupakan mukjizat yang luar biasa sehingga Irwandi bisa meraup 39,27% suara," kata Direktur LSI Denny JA, usai memberikan keterangan persnya, di Banda Aceh, Senin.
Dia mengatakan, prediksi tersebut memang terjadi di luar perkiraan semua orang. Apalagi setelah suara GAM pecah menjadi dua saat sejumlah elite GAM menaikkan Hasbi Abdullah lewat PPP.

Kemenangan Tokoh GAM Mudahkan Intervensi Asing
JAKARTA - Wakil Ketua DPR Soetardjo Soerjogoeritno mengaku kaget dengan kemenangan tokoh GAM dalam Pilkada Gubernur Aceh dan dengan kemenangan itu memudahkan adanya intervensi asing di masa mendatang.

"Dengan kemenangan kelompok GAM akan memudahkan masuknya campur tangan asing di Aceh," katanya di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa.

Dia berharap, pemerintah bersikap tanggap dan mengambil sikap positif untuk menyelamatkan NKRI. "Saya meminta agar dibangun komunikasi politik antara pemerintah dan pimpinan eks GAM di Aceh," katanya.

Mulyana dan Purba Divonis 15 Bulan Penjara
JAKARTA - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Mulyana Wira Kusumah dan Kepala Biro Logistik KPU, Richard Manusun Purba, divonis 15 bulan penjara. Mereka terbukti bersalah melakukan korupsi dalam pengadaan kotak suara di KPU, pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2004. Kedua terdakwa telah memberikan keuntungan bagi orang lain atau korporasi, dalam hal ini PT Survindo Indah Prestasi (SIP).

Demikian putusan majelis hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang dibacakan di gedung Upindo, Jakarta Selatan, Rabu (13/12). Selain dihukum 15 bulan penjara, kedua terdakwa juga diwajibkan membayar denda Rp 60 subsider dua bulan penjara.

Vonis majelis hakim terhadap Mulyana lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU), yang menuntutnya satu tahun enam bulan penjara (18 bulan).

Sidang Kasus Playboy Diwarnai Kericuhan
JAKARTA - Sidang kasus Majalah Playboy edisi Indonesia diwarnai kericuhan. Sejumlah massa Front Pembela Islam meneriaki majelis hakim saat sidang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (14/12). Mereka menilai pertanyaan hakim terlalu menekan saksi.
Agenda sidang lanjutan itu adalah mendengarkan keterangan dua saksi pelapor kasus Majalah Playboy. Mereka adalah Baharuzaman dari Front Pemuda Islam (FPI) dan seorang aktivis lembaga swadaya masyarakat. Baharuzaman pertama kali melaporkan Majalah Playboy pada 12 April silam atau sepekan setelah majalah itu terbit dan menimbulkan kontroversi di masyarakat.

Polisi Memperketat Penjagaan Sulteng
PALU - Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah dan Kepolisian Resor Kota Palu meningkatkan penjagaan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2007. Di antaranya dengan menggelar razia di Pelabuhan Pantoloan, Palu, Sulteng, Kamis (14/12). Sasarannya adalah orang tak dikenal dan barang berbahaya yang dikhawatirkan masuk ke Sulteng khususnya daerah rawan konflik seperti Palu dan Poso.

PKPI Belum Tetapkan Pengganti Edi Sudrajat
JAKARTA -- Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) belum menetapkan pejabat yang akan menduduki kursi ketua umum menyusul wafatnya Jenderal (Purn) Edi Sudrajat, Jumat (1/12) siang di RSPAD Gatot Soebroto.

Nilai Tukar Rupiah Stabil hingga Akhir Desember
JAKARTA - Pemerintah memprediksi nilai tukar rupiah hingga akhir Desember 2006 relatif stabil karena ditopang oleh surplus neraca pembayaran yang lebih besar, imbal hasil yang masih terjaga, risiko yang menurun, dan tekanan kenaikan suku bunga Amerika Serikat yang berkurang. Hal itu ditunjukkan oleh pergerakan rupiah yang terus menguat. Akhir November 2006 rupiah berada pada kisaran Rp 9.179 per dolar AS.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home