Sunday, September 03, 2006

Tokoh Sekte poligami AS

Kepolisian Las Vegas mengumumkan telah menahan pemimpin sekte sempalan Mormon, yang dimasukkan dalam Daftar Buron Paling Dicari di Amerika Serikat, atas tuduhan mengatur perkawinan antara gadis bawah umur dan pria-pria yang lebih tua.

Warren Steed Jeffs, yang kini berusia 50 tahun, ditahjan setelah mobilnya dihentikan polisi di gurun pasir Nevada.

Wartawan BBC Jonn Kay melaporkan, Warren Jeffs berada dalam pelarian sejak bulan Mei, dan fotonya dipampangnya bersama foto teroris dan gembong narkotika dalam daftar Buron biro penyelidik federal Amerika, FBI.

Jeffs adalah pemimpin suatu sekte Gereja Fundamentalis, Church of Jesus Christ of Latter Day Saints (FLDS), yang seratus tahun lalu menyempal dari aliran utama Gereja Mormon.

Jeffs dan pengikutnya yakin poligami atau menikah dengan lebih satu istri diperbolehkan.
Dia dicurigai mengawinkan wanita-wanita muda dan pria yang lebih tua di negara bagian Arizona, dan Utah.

JALAN SURGA
FLDS yang memiliki sekitar 10.000 warga pendukung memisah dari Gereja Mormon lebih dari satu abad lalu setelah aliran Mormon meninggalkan poligami.

Sekte ini mendominasi kota-kota kecil Colorado City, Arizona, dan Hildale, Utah yang berjarak kurang dari dua kilometer. Anggota FLDS yakin seorang pria harus menikahi sedikitnya tiga wanita agar bisa masuk surga. Poligami ilegal di Amerika Serikat, tapi aparat di sana laporkan enggan menghadapi FLDS karena khawatir memicu tragedi seperti pengepung sekte Cabang Davidian di Waco, Texas, tahun 1993 yang menyebabkan kematian sekitar 80 orang.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home