Monday, August 28, 2006

Obesitas Naik Pesat di Cina

CINA - Seorang professor kedokteran Cina memperingatkan, penduduk di Cina mengalami kegemukan dan kelebihan berat badan dalam kecepatan yang membahayakan.

Profesor Wu Yangfeng dari Akademi Ilmu Kedokteran Cina di Beijing melukiskan perubahan itu sangat mengkhawatirkan.

Dalam waktu lima belas tahun, antara 1985 dan tahun 2000, kata dia, jumlah orang yang berat badannya berlebihan dan anak-anak kegemukan naik 28 kali lipat.

Komentarnya muncul dalam edisi khusus Jurnal Kedokteran Inggris yang untuk pertama kalinya memfokuskan liputannya pada satu negara, yaitu Cina.

Dulu Cina dipandang sebuah negara dengan penduduk bertubuh ramping. Namun sekarang tidak lagi. Saat ini seperlima penduduk yang kelebihan berat badan tinggal di cina dan jumlahnya meningkat secara dramatis.

Menurut Prof Wu, ini menjadi ancaman besar bagi kesehatan di Cina seraya meminta pihak berwenang Cina bertindak sekarang untuk mencegah pertambahan lebih lanjut.

Artikel itu menulis, tampaknya ada beberapa penyebab utama mulai dari perubahan menu makanan sampai berkurangnya olahraga dan bertambahnya penggunaan mobil.

Jujur kepada publik mengenai apa yang terjadi, misalnya, dan melibatkan kalangan profesional kesehatan merupakan kebijakan yang sedang berkembang.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home