Sunday, June 11, 2006

Al-Zarqawi terbunuh dalam Serangan Udara AS

BAGHDAD - Abu Musab al-Zarqawi, buronan teroris dengan harga $25 juta US dolar terbunuh dalam serangan udara AS yang melepaskan 500 pon bom ke kediaman rahasianya timur laut dari kota Badghad.

Al-Zarqawi dan beberapa pembantunya, termasuk penasihat spiritual Sheik Abdul Rahman, juga terbunuh di daerah terpencil 30 mil dari ibukota Irak.

“Al-Zarqawi telah tiada,” kata Perdana Menteri Irak, Nouri al-Maliki.

Militer Amerika Serikat menunjukkan foto al-Zarqawi dengan mata tertutup dan bercak darah setelah dia terbunuh dalam serangan udara yang dipimpin AS.

Juru bicara militer AS, Mayor Jenderal William Caldwell menunjukkan foto dalam konferensi pers di Baghdad.

Caldwell juga menunjukkan video dari penyerangan tersebut dimana pesawat F-16 melepaskan bom seberat 500 pon sebanyak 2 kali. Dia berkata bahwa polisi Irak segera memasuki tempat tersebut diikuti oleh pasukan koalisi.

Mayat Al-Zarqawi’s ditemukan dan segera dipindahkan ke lokasi yang aman, dan berhasil di-identifikasi jam 3.30 dini hari, Kamis. Beberapa tanda pengenal yaitu bekas luka, tato dan sidik jari membuktikan dia adalah Zarqawi.

Dia juga mengatakan bahwa analisis DNA juga akan diadakan tapi Caldwell sangat yakin bahwa orang tersebut adalah Zarqawi.

Di Gedung Putih, Presiden Bush mengatakan pembunuhan terhadap Zarqawi ini merupakan pukulan keras terhadap Al-Qaida dan kemenangan bagi peperangan atas teror.

Tapi dia memperingati: “Kami memiliki hari-hari yang berat di masa depan di Irak yang akan memerlukan kesabaran bagi rakyat Amerika.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home