Friday, May 26, 2006

SENAT HAMPIR MENYETUJUI RUU IMIGRASI BARU

WASHINGTON - Senat Kamis ini, akan mengakhiri debat panjang tentang RUU Imigrasi dan akan segera mengambil suara untuk menentukan diberlakunya RUU baru. Garis besar RUU ini adalah untuk memperketat perbatasan dan juga mengijinkan jutaan imigran untuk tinggal di negara ini dan mengijinkan guest workers untuk datang dan pergi.

Tapi langkah ketat dan sekaligus baik hati ke imigran gelap membuat RUU ini akan mengalami hambatan baru dengan House (DPR AS) dimana para kaum konservatif bertekad untuk mengaman-kan perbatasan sebelum mengatasi masalah lain.

Keputusan akhir RUU Imigrasi akan ditetapkan setelah negosiasi anggota senat dengan anggota House, yang mengeluarkan RUU kontroversial yang akan mengkriminalisasikan imigran gelap.

Presiden Bush berulangkali mendesak konggres untuk menyetujui RUU imigrasi yang keras tapi juga memberikan kesempatan kepada imigran gelap untuk memperoleh status legal. Beberapa senat mengatakan sebuah persetujuan dengan House sepertinya akan bisa dicapai.

“Usaha politik untuk menyelesaikan masalah ini lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa, “ kata Senator Lindsey Graham, R-S.C.

“Apakah ada yang memiliki pendekatan lebih baik? Belum ada. Tapi kami masih terbuka untuk pembahasan, ” kata Senator Arlen Specter, R-Pa., ketua komite yudisial Senat.

DUNIA USAHA
Selasa kemarin, Senat merancang hukuman yang lebih berat untuk dunia bisnis yang mempekerjakan imigran gelap. hasil votingnya adalah 58-40.

Majikan yang tidak mengunakan sistem komputer baru dapat didenda $200 sampai $600. Sistemb aru ini akan berisi informasi dari Social Security Administration, Internal Revenue Service dan Homeland Security Department.

Akan ada denda sebesar $20,000 untuk mempekerjakan imigran gelap segera bila sistem filter ini diterapkan, meningkat 2 kali lipat dari denda saat ini. Majikan yang melakukan hal ini berulang kali akan ditahan sampai 3 hari.

Konggres sebenarnya telah menerapkan aturan keras dari tahun 1986 bersamaan dengan amnesti, tapi hukum ini tidak pernah benar-benar ditegakkan dan majikan beserta pekerja sama-sama mengunakan dokumen palsu.

GREENCARD LOTTERY
Juga, di hari Rabu kemarin, Senat memilih 56-42 untuk mengalokasikan 2/3 dari total visa 50,000 yang biasanya diberikan kepada imigran dari negara Asia-Afrika melalui lotere tahunan untuk diberikan kepada orang-orang yang memiliki pendidikan tinggi.

Para Senat juga meningkatkan rancangan denda untuk imigran gelap dalam proses legalisasi, sebesar lebih dari $3,200.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home