Thursday, May 18, 2006

RUU Imigrasi Terus Bergulir

WASHINGTON - Senat USA menyetujui sebuah kompromi dalam RUU imigrasi yang akan mencegah imigran gelap yang memiliki catatan kriminal untuk mendapatkan status legal dan mendukung didirikannya pagar di perbatasan AS-Mexico.

Mayoritas senat, 99 banding 0 setuju menolak pelaku kriminal dan pelaku kriminal ringan untuk dapat ambil bagian dalam guest-worker program dan jalan ke arah warganegara AS.

Mengenai masalah pembangunan pagar di daerah perbatasan, 83-16 suara mendukung pembangunan pagar sejauh 370 mil dari 2.000 mil (3200 km) jarak perbatasan AS-Mexico. Saat ini, sekitar 70 mil telah ada, meskipun beberapa pagar rusak, Departemen Homeland Security telah berencana untuk memperbaiki dan membangun sisanya.

Guest Worker Program
Program pekerja sementara ini kini masih menjadi perdebatan alot di Senat, apabila disetujui, maka program ini akan menghadapi rintangan lagi di Komite gabungan House (DPR) dengan Senat.

DPR AS menyetujui RUU yang lebih keras yang bertujuan menahan imigran gelap dan tidak memberikan kesempatan kepada mereka untuk mendapatkan status legal. Dalam RUU ini juga tertulis rencana untuk membangun pagar sepanjang 700 mil, 2 kali dari RUU rancangan Senat.

Siapa yang Memenuhi Syarat ?
Sampai hari ini belum ada yang benar-benar pasti syarat dalam mengikuti program guest worker tetapi beberapa syarat yang telah pasti antara lain:

Tidak Memenuhi Syarat
Pernah Memiliki Catatan Kriminal Berat
seperti Merampok, Membunuh, Terlibat Narkotika
Pernah Melakukan Tiga Kriminal Ringan
seperti Mencuri, Memukul, Berkelahi,
membuat keonaran di publik
Imigran yang berada dalam status deportasi

Bagaimana dengan imigran yang baru berada di dalam Amerika Serikat selama kurang dari 1-2 tahun? Imigran tersebut dapat berpartisipasi dalam Guest Worker Program tetapi harus meninggalkan Amerika Serikat terlebih dahulu.

Konsekuensi Guest Worker Program
Untuk Para imigran yang tertarik dalam program ini,
dimana jumlahnya dibatasi sekitar 200-325 ribu per tahun, hampir pasti diwajibkan membayar denda dan pajak selama dia berada di AS secara ilegal
contoh apabila seorang imigran berada di AS selama 5 tahun dan bekerja secara ilegal, Dia harus membayar pajak sejumlah 5 X denda per tahun
dimana diyakini berjumlah tidak kurang dari $1,000 per tahun.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home