Wednesday, January 04, 2006

Mengatasi Rasa Kuatir

Kekhawatiran adalah kenyataan yang tidak bisa kita hindari selama hidup, tapi tidak perlu membiarkan kekhawatiran menguasai hidup kita. Dibawah ini ada cara dan tips untuk mengatasi hal tersebut.

Langkah Mengatasi Rasa Kuatir
1. Cari tahu dan analisa sebab dari rasa kuatir pada diri anda.

2. Pikirkan situasi paling parah yang akan dihadapi. Seringkali situasi tersebut sebenarnya tidak separah yang dikuatirkan.

3. Bercerminlah ke waktu yang lampau, apa yang biasanya dikuatirkan sering tidak sesuai dengan kenyataan. Dan dengan belajar dari masa lalu, Anda memiliki kekuatan untuk mengatasi hal tersebut.

4. Sadarilah bahwa dengan kuatir, Anda tidak akan memperbaiki keadaan.

5. Lakukan sebisanya untuk memperbaiki keadaan sesuai dengan kekuatan yang ada, supaya hal yang buruk tidak terjadi.

6. Tingkatkan rasa percaya diri atas kemampuan diri untuk menangkal tantangan. Lihat kembali tantangan dan persoalan yang telah bisa Anda hadapi dimasa lalu dan orang orang yang bisa membantu.


Tips
Rasa kuatir biasanya berasal dari kekurangan informasi. Dalam hal ini, pelajari dan dapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang situasi yang Anda hadapi. Semakin banyak pengetahuan semakin sedikit rasa takut dan kemungkinan memiliki semakin besar kontrol terhadap rasa kuatir tersebut.

Bila Anda menderita rasa kuatir terus menerus, cobalah konsultasi denan dokter atau psikiatris. Jangan biarkan waktu dan energi Anda habis sia-sia dengan kuatir setiap saat.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home