Tuesday, January 31, 2006

Cuplikan Pidato Tahunan Presiden Bush

".... We hear claims that immigrants are somehow bad for the economy -- even though this economy could not function without them. ..."

"Kami mendengar klaim bahwa imigran buruk bagi ekonomi Amerika -- Meskipun ekonomi AS tidak bisa berfungsi tanpanya."

Disini Presiden Bush menyinggung tentang bagaimana pihak-pihak tertentu menganggap imigran baik gelap maupun terang membuat ekonomi Amerika memburuk, persaingan pekerja meningkat, banyaknya upah rendah dsb, tetapi kritikus tersebut seakan-akan menutup mata atas jasa imigran yang bekerja disini membuat produk Amerika menjadi kompetitif di dunia global.

"Our nation needs orderly and secure borders. To meet this goal, we must have stronger immigration enforcement and border protection. And we must have a rational, humane guest worker program that rejects amnesty ... allows temporary jobs for people who seek them legally ... and reduces smuggling and crime at the border."

"Negara kami memerlukan keamanan perbatasan yang terorganisir. Untuk mencapai sasaran ini, kami harus memiliki penegakan hukum imigrasi dan penjagaan perbatasan. Dan kami harus memiliki pemikiran yang rasional, program kerja untuk imigran yang bukan merupakan bentuk amnesti ... Mengizinkan pekerjaan sementara yang legal untuk orang-orang yang mencari pekerjaan ... dan sekaligus mengurangi penyelundupan dan kriminal di perbatasan."

Sekali lagi Presiden Bush menyetujui pengawasan daerah perbatasan yang lebih ketat dan juga mengadakan pemberian ijin kerja untuk untuk imigran dalam jangka waktu tertentu.


0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home