Saturday, January 14, 2006

Consumer Electronic Show 2006


Awal bulan Januari ini, baru saja diadakan pameran elektronik terbesar di Amerika, CES (Consumer Electronic Show) 2006.
Bertempat di Las Vegas, Nevada, Tahun ini, pameran ini seperti biasa menampilkan puluhan ribu perusahaan yang memperkenalkan produknya. 150 ribu orang lebih tercatat menghadiri Pameran luar biasa ini.

Produk-produk terbaru terutama audio, video mendominasi pameran ini. Juga terdapat banyak kamera, handphone, sampai Komputer. Tapi tema kali ini adalah konten (musik, video, gambar dan informasi). Konten inilah yang membuat alat-alat elektronik ini menjadi berharga.

Ketua Microsoft, Bill Gates membuka CES dengan pidatonya yang berbicara tentang membuat komputer menjadi lebih mudah digunakan dan menyediakan lebih banyak isinya. Dia memperkenalkan pelayanan musik oleh MTV yang dinamakan Urge, menunjukkan software editing foto windows Vista terbaru dan fitur pencari gambar. Dia juga mempromosikan mesin permainan XBox360 dan DVD HD kualitas super.

Bahkan Intel, raksasa CPU, juga ikut dalam bisnis Konten. Intel mempromosikan kerjasamanya bersama 60 perusahaan untuk menyediakan video, musik dan lain-lain.

Berita besar lainnya yaitu dari Sony, yang berbicara tentang mengawini Konten dengan Teknologi, dengan produk baru mereka yaitu Reader Electronic Book (Pembaca buku elektronik) dan mesin game (permainan) Sony Playstation 3. Google, mesin pencari internet terkemuka ikut-ikutann dengan menjual Video acara-acara televisi seharga mulai dari $1.99 / show.

Beberapa produk yang menarik Antara lain
Komputer Desktop: Dua raksasa processor, Intel dan Amd akan terus mengembangkan Dual Core processor yang membuat komputer lebih cepat dalam menampilkan multimedia dan game. Dell, perusahaan komputer terkemuka menampilkan Komputer untuk bermain game 3D, dengan 4 processor grafis. Dengan 4 processor tersebut membuat tampilan game 3 dimensi tampil sangat baik.terutama di monitor 30 inci Dell.

Notebooks: Processor Dual juga dikembangkan di komputer jinjing (notebook). Banyak perusahaan menawarkan notebook dengan prosesor Intel Centrino Duo antara lain Acer, Dell, HP, Lenovo, Sony dan Toshiba. Mereka juga memperkenalkan notebook-notebook baru yang lebih tipis dan ringan dari notebook generasi sebelumnya.

Kamera: Konsep “Dual” atau 2 fungsi, juga terlihat dalam kamera seperti Kodak Easyshare V570. Bentuknya seperti kamera digital pada umumnya, tapi kamera ini mampu mengambil foto wide angel atau lebar (panorama).

Handphone: Setiap perusahaan telpon memiliki produk-produk baru untuk dipamerkan, dengan berbagai variasi dan kebolehan.Handphone telah berkembang menjadi alat pintar multi-fungsi.
Salah satu telpon yang menonjol adalah Palm Treo 700w. yang mengkombinasikan banyak fitur seperti bisa menampilkan foto, mengetik, mengatur jadwal, menonton video, mengecek e-mail, mengambil gambar (kamera), dan menjalankan program-program bisnis.



Layar dan Monitor: Semakin banyak perusahaan menampilkan layar televisi dan monitor dengan ukuran besar. LG dan Panasonic misalnya, di pameran ini menunjukkan layar plasma, berukurna lebih dari 100 inci. Samsung dan beberapa perusahaan lain memamerkan LCD 60-70 inci. dan TI juga menampilkan layar yang berkualitas sangat tinggi, cukup untuk membuat rumah anda menjadi bioskop. Untuk sebagian besar dari kita, produk tersebut terlalu berlebihan tapi produk-produk yang dipertunjukkan ini memang sangat mengagumkan.

Produk-Produk Populer di Pameran
1. Nikon CoolPix P1 (Kamera)
2. Palm Treo 700w (Handphone)
3. Logitech Z-5450 Digital 5.1 (Speaker)
4. XM Satellite Radio
5. iRobot Scooba (Robot Pengepel)
6. Samsung A940 (Handphone)
7. inFocus PlayBig IN 72 (Proyektor)

Sumber: Michael Miller, PCMag

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home