Wednesday, December 21, 2005

Pengangguran Akan Bertambah

JAKARTA -Angka pengangguran di Indonesia diperkirakan pada tahun 2006 akan naik satu hingga dua persen dibandingkan angka pengangguran 2005 yang sebesar 10-21 persen (10,8 juta orang) dari total angkatan kerja sebanyak 106 juta orang.

Menyimak trend peningkatan angka pengangguran diperkirakan ada beberapa faktor yang menjadi sebab utamanya pengangguran terus bertambah yakni jumlah angkatan kerja dari lingkugan pndidikan baik SLTP, SLTA ataupun perguruan tinggi yang tidak terserap. Jumlah ini tidak bisa diserap apalagi sampai dihentikan.

Oleh karena situasi yang kurang baik dalam lingkup perekonomian kita saat ini sehingga ada baiknya pemerintah membuat bebagai perogram padat karya terutama di pedesaan, kedua melalui program transmigrasi yang dikaitkan dengan program potensi ekonomi suatu daerah.

Selain itu menempatkan tenaga kerja indonesia sebagai TKI di sejumlah negara dengan ketentuan tidak hanya dari buruh kasar, tapi diseleksi dari kalangan pekerja pabrik, guru, perawat bahkan sebagai operator mekanik
Pemerintah juga harus berani menyiapkan inovasi agar rakyat bisa mandiri membuka lapangan kerja sendiri.

Para pemuda yang umumnya terus menganggur usai menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah seharusnya sejak awal dipacu agar dapat hidup mandiri dengan mengelola usaha yang bisa memberikan penghidupan bagi keluarga. Seorang sarjana tidak harus bekerja duduk di depan meja, tapi budaya kerja yang tumbuh di mana saja sudah seharusnya tetap digelorakan sehingga para pemuda kita tidak memilih-milih pekerjaan.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home