Wednesday, December 21, 2005

Melirik Canada

Mungkin kadang-kadang teman-teman yang berpikiran untuk pindah ke Kanada saja, apalagi mendengar di Kanada lebih mudah mendapatkan status legal.

Ada Beberapa tip tip yg perlu dipegang sebelum anda siap berjuang di Canada :

1. Pastikan Status Anda (Sebagai Refugee (Pencari Suaka) atau Permanen Residen (Hak hidup dan menetap.
tanpa STATUS itu, kalau mau menjadi pendatang gelap dengan visa turis di Canada, anda akan susah hidup disini. Jangan dibandingkan USA yang lebih flexible untuk pendatang gelap karena mereka bisa sekolah, sewa apartment, kerja, beli mobil. Disini kalau anda pendatang gelap, dijamin tidak akan bisa menyekolahkan anak ( disini tk - sma gratis ), sewa apartment ( karena mereka selalu meminta ID ), dokter bayar sendiri yang pasti akan mahal sekali sedangkan bagi yang PR dokter disini gratis. Kerja di fast food seperti Mc Donaldpun tidak akan bisa karena mereka meminta landing paper kita ( bagi yg PR ) or working permit ( ijin kerja bagi yg refugee ). KECUALI, kalau anda datang dengan disponsorin perusahaan itu lain cerita.

2. Siapkan Mental untuk Mulai dari Bawah
Jangan sekali kali berpendapat kalo tidak dapat kerja yg sesuai bidang nggak akan kerja. Anda akan benar2 menjadi pengangguran selamanya kalau dipraktekkan di Canada ini. Untuk kerja kantoran, apabila anda tidak mempunyai pengalaman Canada akan sangat sangat sulit bisa menembus persaingan disini karena kebanyakan perusahaan disini hanya mau hire orang yang sudah mempunyai Canadian experiences ( ini sombongnya Canada ---> saya sendiri pertama datang kesini sebel betul dengan keadaan ini bagaimana bisa memperoleh pengalaman di Canada kalau kita tidak diberikan kesempatan itu ).
Pengalaman Canada bisa didapatkan dengan kerja sebagai volunteer ( tenaga sukarela ) atau magang di perusahaan tanpa dibayar ( program ini disebut co-op dan biasanya berlangsung 3 bulan ). Jadi, bersiap siaplah untuk kerja apa saja disini tak peduli anda manager apa kek di Indonesia or general manager apa kek. Di Canada yang penting Pengalaman di Canadanya.

3. Jangan Menoleh Ke belakang
Kalau udah disini jangan mengingat ingat kejayaan di Indonesia . misalnya, “ ah..enak ya dulu kita ada pembantu, ini...itu.... “ atau “ di Indonesia dulu enak sekali kerjaan udah mapan, gaji tinggi kog bisa2nya kita pindah kesini?? apa balik lagi ya.....dll...dll”. Kalau pikiran anda begini terus anda tidak akan maju dan terus terpuruk dalam kenangan masa lalu.
Kalau anda sudah di Canada, lupakan hal2 begitu karena akan merusak motivasi awal anda datang kesini dan semangat perjuangan akan lenyap. Saya mempunya teman yang bolak balik Canada - Indonesia gak tahu juntrungannya gara gara tidak punya pendirian. Mereka sekeluarga pindah ke Canada dan karena sang suami tak kunjung dapat kerjaan ( yg HARUS sesuai bidang dia-->nah lo!! ) dan setahun kemudian balik lagi ke Indonesia tapi beberapa bulan kemudian balik lagi ke Canada dan bertahan selama dua tahun kemudian mereka balik lagi ke Indonesia ( katanya sih selamanya kali ini ) eh nggak tahunya baru setahun di Indonesia mereka udah balik lagi ke Canada.
Gimana coba, apa gak bangkrut di duit dan waktu???? Make up your mind!! kalau udah putusin ke sini ya udah, jangan toleh2 lagi kebelakang. jalanin apa yang ada, titik!!

4.Pelajari Budayanya dan Adaptasi
Disini anda bisa masuk ke jail gara gara pukul anak. Jadi jangan sembarangan pukul anak didepan orang. Apalgi pukul yang berbekas. Ada temen saya yang diinterograsi polisi seharian gara gara sang anak masuk angin dan dikerokin ama mamanya. Berhubung mereka baru tiba disini, sang anak tidak bisa berbahasa inggris dan akibatnya guru yang melihat hasil kerokan tsb melaporkan kepolisi karena dipikir sang anak di siksa! bule kadang irrasional juga mana ada sih hasil pukulan yang rapi teratur kayak kerokan gitu. hehe..
Oleh: Riana - Canada

Nah, ini sedikit tip yang dapat saya bagikan. salam. (Riana-Canada)

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home