Sunday, December 18, 2005

Kerusuhan Rasial Meledak di Australia


SYDNEY - Dalam salah satu kerusuhan rasial paling buruk di Australia, ribuan pemuda kulit putih yang mabuk menyerang kantor polisi dan orang-orang yang mereka anggap keturunan Arab di pantai Sydney. Aksi mereka ini dipicu laporan bahwa pemuda-pemuda asal Libanon menyerang dua orang penjaga pantai.
Pemuda-pemuda keturunan Arab kemudian melakukan pembalasan di beberapa daerah pinggiran Sydney, bentrok dengan aparat kepolisian dan menghancurkan 40 mobil. Sebanyak 31 orang cedera dan 16 orang ditahan sejak aksi dimulai Minggu malam.

Kota Sydney tampak tenang hari Senin (12/12), di saat pihak kepolisian membentuk gugus tugas khusus melacak pemicu keonaran tersebut.
PM John Howard mengecam keras aksi kerusuhan tersebut tapi mengatakan dirinya tidak percaya rasisme berkembang luas di Australia.

Australia sejak lama didatangi oleh gelombang imigran -- mulai dari Italia, Yunani hingga dari Timur Tengah dan Asia Tenggara. Dalam sensus terkahir tahun 2001, hampir seperempat dari 20 juta rakyat Austrlia merupakan kelahiran luar negeri.

Tapi, ketegangan antara pemuda Arab dan kulit putih meningkat dalam tahun-tahun terakhir umumnya akibat sentimen anti-Muslim pasca serangan 11 September di AS dan pemboman Bali yang menewaskan 88 warga Australia Oktober 2002.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home