Saturday, December 31, 2005

Kaleidoskop 2005

Badai Katrina menyerang pantai-pantai di Lousiana, Missisippi dan Alabama, tanggal 29 Agustus. Sampai saat ini tercatat 1300 angka kematian dan ribuan harus mengungsi.

Besarnya kehancuran akibat dari tanggul yang tidak terpelihara di New Orleans, tidak mampu untuk menahan kekuatan badai Katrina. Rumitnya birokrasi dan lemahnya perencanaan evakuasi dan pertolongan darurat menambah kesengsaraan bagi korban. Sebulan kemudian, Badai Rita kembali mengancam Texas, tapi di detik-detik terakhir badai ini berubah haluan. Tahun ini tercatat merpakan musim badai paling aktif sepanjang sejarah.

***

Presiden George W. Bush kembali terpilih kedua kalinya untuk jabatan Presiden AS tanggal 20 Januari 2005. Uniknya, sampai bulan Oktober popularitas Bush menurun sampai 35% saja. Penurunan Popularitasnya akibat dari isu seperti kebocoran di badan intelijen, respon yang lambat terhadap bencana badai Katrina, meningkatkan harga bahan bakar yang tidak terkendali dan keterlibatan AS di perang Irak yang tidak kunjung berakhir.

***

Yohannes Paus Paulus II meninggal dunia tanggal 2 April pada usia 84 tahun, mengakhiri masa jabatannya sebagai paus selama 26 tahun, salah satu jabatan terlama sepanjang sejarah. Rendah hati dan kharismatik, beliau mengunjungi lebih banyak orang dan pemimpin dunia daripada pendahulunya. Beliau juga selamat dari pencobaan pembunuhan tahun 1981 dan merupakan paus yang berasal dari luar Italia, yaitu Polandia.Yohannes Paus Paulus II digantikan oleh Paus Benediktus XVI, 78 pada tanggal 19 April dan menjadi paus ke-265.

***

London, ibukota Inggris menjadi sasaran dari serangan teroris tahun ini. 4 orang teroris membawa bom dan meledakkan alat transportasi kota, bus, dan tiga kereta api. 52 orang terbunuh dan lebih dari 700 orang terluka.Dua minggu kemudian terjadi serangan serupa tapi berhasil digagalkan. Perdana Menteri Inggris, Tony Blair bersumpah untuk menghancurkan ekstrimis. Tony Blair juga memperkenalkan kebijakan yang membatasi kebebasan berkumpul dan mengeluarkan pendapat juga memperketat imigrasi.

***

Tahun 2005 ini, tenaga-tenaga medis dan kedokteran disibukkan oleh ancaman flu burung global. Sampai pertengahan Desember 2005, telah memakan korban 35 orang akibat virus flu burung ini.

***

Di awal bulan Oktober, sebuah gempa bumi yang kuat mengoncang bagian dari Pakistan, Afganistan dan India utara. Gempa bumi ini mencapai skala 7.6 Richter dan meluluh lantakan kota. Korban jiwa mencapai 87.000 orang dan meninggalkan lebih dari tiga juta orang dalam kehilangan tempat tinggal. Tim penyelamat kesulitan mencapai daerah-daerah terparah karena banyaknya desa-desa korban yang terpencil di pegunungan. Daerah tersebut juga tercatat mengalami 1,200 kali gempa susulan. Dana bantuan mencapai 5,8 trilyun dollar AS.

***

Bencana alam besar juga terjadi di Sumatra, Indonesia dan negara lain di pantai samudra Atlantik dan Hindia. Gempa di dalam laut tercatat 9.15 skala Richter dan disusul dengan tsunami yang mengakibatkan banyak korban jiwa. Diperkirakan sekita 300 ribu korban jiwa membuat bencana ini menjadi terbesar di era modern.

***

Bisnis & Teknologi
Harga bahan bakar kembali meningkat, terutama akibat terhambatnya produksi akibat badai Katrina dan Rita. Rata-rata harga bensin mencapai $3 / galon di bulan September membuat Presiden Bush menyarankan rakyat Amerika untuk mengurangi mengemudi.

***

Semakin banyak pelancong kembali mengunakan jasa pesawat terbang yang sebelumnya trauma karena kejadian WTC. Meningkatnya penumpang pesawat terbang tidak membantu maskapai penerbangan, salah satu faktornya adalah naiknya harga bahan bakar. Delta dan Northwest Airlines (NWA) menyatakan bangkrut di bulan September. 44.000 pekerjaan di bidang penerbangan akan hilang.

***

Industri Otomotif AS ditahun 2005 semakin didera kesulitan. Kesulitan timbul karena semakin ketatnya persaingan dari luar negeri, badai topan dan masalah ketenagakerjaan.Penjualan Truk dan kendaraan SUV menurun drastis seiring dengan kenaikan harga bahan bakar. Awal Desember ini, Ford Motor merencakan untuk merestrukturisasi perusahaan mereka dan General Motors, salah satu perusahaan otomotif AS lainnya, mengumumkan akan memecat 30 ribu pekerjanya.

***

Hiburan
“Raja Pop” Michael Jackson dibebaskan dari segala tuduhan di pengadilan berkaitan dengan kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak di bulan Juni. Fans Michael di luar pengadilan bersorak-sorai di luar gedung pengadilan di Santa Maria, California. Para juri hanya memerlukan waktu 32 menit untuk membuat keputusan pengadilan. Kasus Michael ini disorot media kurang lebih selama 3 bulan dan menampilkan saksi selebriti seperti Macaulay Culkin dan Jay Leno.

***

Olahraga
Klub NBA The San Antonio Spurs mengalahkan Detroit Pistons dalam 7 pertandingan di Final NBA. Tim Duncan dianugrahkan pemain terbaik dalam musim kompetisi ini untuk ketiga kalinya, menyisihkan teman setimnya, Manu Giobili.

***

The New England Patriots mengalahkan Philadelphia Eagles 24-21 untuk menjadi jawara dalam Super Bowl tahun ini. Pertandingan football ini menarik sekitar satu juta penonton.

0 Comments:

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home